Sebuah rencana bisnis adalah panduan bagi Anda sebagai pemilik usaha kecil untuk mengikuti untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Ini juga merupakan dokumen kerja yang berkembang saat Anda belajar hal-hal baru tentang menjalankan bisnis Anda.
Sebuah rencana bisnis bisa sangat informal jika Anda berniat untuk
menggunakannya semata-mata untuk memandu operasi sehari-hari.
Namun, jika tujuan perakitan rencana bisnis Anda adalah untuk
mendapatkan pembiayaan, Anda akan membutuhkan lebih banyak struktur dan
bantuan dari seorang akuntan untuk merakit keuangan yang akurat dan
menarik.
Langkah 1 Tuliskan tujuan bisnis atau persis apa bisnis Anda, dalam satu paragraf ke halaman penuh.
Anda mungkin tahu apa bisnis Anda serta punggung tangan Anda, tetapi
menulis dengan cara yang orang akan mengerti dalam beberapa menit apa
bisnis Anda dan bagaimana manfaat mereka.
Langkah 2
Jelaskan pelanggan atau klien: memberitahu siapa yang di luar sana
bersedia dan mampu membeli produk atau layanan yang menawarkan bisnis
Anda.
Menulis tentang apakah mereka pria atau wanita, berapa banyak uang yang
mereka buat, di mana mereka tinggal, apa yang mereka ingin lakukan,
melukis gambar pelanggan ideal Anda. Diskusikan mengapa hal ini adalah klien ideal untuk bisnis Anda. Jelaskan bagaimana manfaat klien dari apa yang Anda jual.
Langkah 3 Buat perkiraan keuangan. Buatlah daftar biaya untuk memulai dan menjalankan bisnis. Buat proyeksi berapa banyak Anda perlu menjual setiap tahun untuk mencapai tujuan Anda. Istirahat ini menjadi gol penjualan bulanan dan mingguan. Buat diagram dan grafik untuk membantu Anda memvisualisasikan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan bisnis Anda.
Langkah 4 Tuliskan metode tertentu pemasaran Anda akan gunakan untuk mendapatkan di depan klien ideal Anda.
Tip
- Jadilah konservatif dalam proyeksi Anda. Hal ini tidak mungkin bahwa bisnis baru akan membuat banyak uang di bulan pertama operasi.
Posting Komentar